FIRMAN TUHAN YESUS KRISTUS adalah KEBENARAN (Yoh 17:17)

Rabu, 30 April 2014

Siapakah yang sedang kamu lihat pada waktu itu Aku di dalam Bapa-Ku (John 14:20)? Bukankah ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, dan kamu telah melihat Bapa di dalam Aku (Joh 14:7; Joh 14:9)?

TUHAN YESUS adalah Bapa kita di Sorga.
Sebab TUHAN YESUS adalah satu-satunya Bapa kami yang benar yang ada di Sorga, Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa Maha Suci, Bapa yang Kekal Maha Kudus, Raja Damai Kekal Selamanya. Dimuliakanlah Nama-Mu yang berkuasa, Nama-Mu diatas segala-galanya Nama TUHAN YESUS. TUHAN YESUS BAPA kami di Sorga datanglah Kerajaan-Mu jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.


Pada waktu itu (John 14:20) menunjukkan “Pada hari terakhir ” (Mat 7:22-23) adalah penghakiman pada akhir zaman (John_12:48). Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku (John_14:20). Siapakah yang sedang kamu lihat pada waktu itu Aku di dalam Bapa-Ku (John 14:20)? Bukankah ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, dan kamu telah melihat Bapa di dalam Aku (Joh 14:7; Joh 14:9)? Sumber : Kebenaran Kitab Suci]

Doktrin Allah Tritunggal  [Tidak ada doktrin tritunggal di dalam Kebenaran Kitab Suci Kami. TUHAN YESUS satu-satunya Bapa kita yang benar, Dialah Bapa kita yang hidup di Sorga memberkati kita semua.
Sumber : Kebenaran Kitab Suci]


Doktrin Allah Tritunggal merupakan salah satu doktrin utama dalam Kekristenan. Artinya, doktrin ini merupakan tiang penopang ajaran Kristen yang sejati. Bila ada orang berhasil merobohkan atau membelokkan tiang ini, itu sama artinya telah merobohkan Kekristenan itu sendiri. [Kebenaran Kitab Suci tidak dapat disamakan dengan pemikiran manusia dan tidak dapat disamakan dengan dunia. TUHAN YESUS satu-satunya Bapa kita yang benar, Dialah Bapa kita yang hidup di Sorga memberkati kita semua.
Sumber : Kebenaran Kitab Suci]


Oleh karena itu lah para pendahulu kita, bapa-bapa gereja memandang perlu untuk merumuskan doktrin ini secara sederhana, agar mudah diingat dan dipahami dan dijadikan Pengakuan Iman yang tiap minggu diucapkan di ibadah gereja. Berdasarkan wahyu Alkitab tersebut para bapa-bapa gereja kita terdahulu telah merumuskan doktrin Allah Tritunggal sbb:  [Kebenaran Kitab Suci yang sudah dibenarkan dan sudah membenarkan segala sesuatu di dalamnya yang sudah benar, yang ada, dan yang akan datang. Untuk itu semua tidak dapat dirumuskan oleh dunia, melainkan membenarkan hukum TUHAN yang terutama dan yang pertama. TUHAN YESUS satu-satunya Bapa kita yang benar, Dialah Bapa kita yang hidup di Sorga memberkati kita semua.
Sumber : Kebenaran Kitab Suci]

1. Allah Tritunggal terdiri dari Allah Bapa, Allah Anak yang dalam diri Yesus Kristus berinkarnasi menjadi manusia dan Allah Roh Kudus yang diutus setelah Yesus naik ke Sorga untuk menyertai orang percaya. Ketiga nya adalah Allah yang kekal, berbeda satu sama lain dan setara.

2. Allah Bapa, Allah Anak (Yesus) dan Allah Roh Kudus adalah Allah yang ESA.

Bagaimana kita bisa memahami KONSEP TRITUNGGAL ini? Bagaimana memahami Allah itu ada TIGA tetapi SATU, bagaimana memahami Allah itu SATU tetapi TIGA? Orang yang memahami bahwa Allah itu hanya ESA saja jelas tidak mengerti konsep Allah Tritunggal yang diwahyukan Alkitab. Orang yang mengatakan bahwa Allah itu ada 3 pribadi yang terpisah sama sekali, jelas juga tidak mengerti Allah Tritunggal yang diwahyukan oleh Alkitab. Allah Tritunggal adalah ada tiga pribadi yang berbeda Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus, dimana ketiganya Allah yang ESA. Titik.

[Kebenaran hanyalah YESUS yang telah menyatakannya : “Anak di dalam Bapa dan Bapa di dalam Anak (John_10:38; John_14:10; John_14:11 ; John_14:13; John_14:20; John_17:21)” adalah “Anak adalah Bapa dan Bapa adalah Anak” (John 10:30; Joh 14:7; Joh 14:9). Hanyalah YESUS sendiri yang menyatakannya : Akulah Dia (John 8:24). Masih ingatkah kamu : hanyalah satu perintah Allah yang tidak diikuti oleh kisah seorang kaya? Akulah Dia (John 8:24), Ikutilah Aku (Mat 22:37-38). Inilah kehendak Bapa di dalam-Nya yang menyatakannya!

Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. John_14:20. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Mat 7:21.

Pada waktu itu (John 14:20) menunjukkan “Pada hari terakhir ” (Mat 7:22-23) adalah penghakiman pada akhir zaman (John_12:48). Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku (John_14:20). Apa yang sedang kamu lihat pada waktu itu Aku di dalam Bapa-Ku? Bukankah ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, dan kamu telah melihat Bapa di dalam Aku (Joh 14:7; Joh 14:9)?

TUHAN YESUS satu-satunya Bapa kita yang benar, Dialah Bapa kita yang hidup di Sorga memberkati kita semua.
Sumber : Kebenaran Kitab Suci]

Dengan menyusun formula lain untuk menjelaskan konsep ini malah akan menyesatkan ajaran yang sejati ini. Doktrin ini telah dirumuskan dengan cara yang terbaik sejak ratusan tahun yang silam! Namun tetap saja ada orang yang membuat ilustrasi dengan tujuan untuk membantu menjelaskan keadaan Allah Tritunggal. Ilustrasi yang popular antara lain:
1. Ilustrasi TEH MANIS dengan komponen: AIR, TEH & GULA, ketiga komponen menjadi satu.
2. Ilustrasi SEGITIGA SAMA SISI, ke 3 sisi membentuk 1 buah segitiga yang utuh.
3. Dll

Namun menurut saya, ilustrasi itu hanya akan membelokkan pemahaman yang benar tentang doktrin yang benar ini!

Kesimpulan

Bila kita ingin mengenal Allah yang benar, maka kita harus menerima Allah yang telah menyatakan diri MEREKA kepada manusia melalui penyataan Yesus Kristus sendiri, para rasul-Nya dan melalui Alkitab, yaitu bahwa Allah yang benar adalah Allah Tritunggal: yang terdiri dari Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus, ketiganya Allah yang ESA.

Dengan mengetahui dan memahami doktrin Tritunggal yang alkitabiah, kita dengan mudah mengenali ajaran-ajaran yang SALAH / SESAT tentang Allah Tritunggal.

[Dan Bapa dan Anak dan Roh Kudus bukanlah tiga pribadi, melainkan nama yang berbeda untuk memberikan pengertian satu pribadi adalah satu Allah YANG MAHA KUASA mulai dari Penciptaan dan Penyelamatan dan Penolong. Dan semuanya dikerjakan oleh Satu pribadi adalah Satu Allah yang telah menyatakan kuasa-Nya mulai dari Penciptaan – Penyelamatan – Penolong. Dan karena itu masing-masing pekerjaan hanyalah dikerjakan oleh Satu Pribadi adalah Satu Allah yang telah menyatakan kuasa-Nya YANG MAHA KUASA.  Dan hanyalah satu pribadi Allah itu nama-Nya TUHAN. Inilah hukum yang terutama dan yang pertama. Ingatkah kamu kisah seorang kaya, sebab ada tertulis “Dan Hanya Satu Yang Baik” dari seluruh perintah Allah, “IKUTILAH YESUS”, yang telah menyatakan kuasa-Nya : Penyelamatan dan Penolong. Sebab inilah perintah Allah Yang Terbaik dan karena hukum Allah yang terutama dan yang pertama yang mencakupi seluruh hukum dan perintah Allah yang ada di dalam-Nya.

Siapakah yang memberikan perintah bahwa hanyalah satu baik dari seluruh hukum dan perintah Allah : IKUTILAH YESUS!              Sebab hanyalah Bapa di dalam diri YESUS itu sendiri (John_10:38; John_14:10; John_14:11 ; John_14:13; John_14:20; John_17:21). Dan Bapa adalah Allah (John 8:41-42) dan nama Allah adalah TUHAN (Yesaya 42:8) yang menyatakannya "IKUTILAH AKU". Dan lebih jelas pertanyaan kami :  Siapakah DIA yang mengakuinya adalah TUHAN? Dan siapakah DIA yang memberikan perintah “IKUTILAH AKU”? Dan DIA adalah firman adalah Allah (John 1:1; Kejadian 1:1-26) adalah Anak Yang Tunggal (John 3:16) yaitu Roh Allah Yang Tunggal, Dialah Roh Kudus Yang Tunggal (Luk_1:35) adalah Bapa di dalam diri YESUS (John 14:10) yang menyatakan nama-Nya adalah TUHAN (Mat_12:8; Mar_2:28; Luk_6:5; John 13:13; John 16:25;Mat 7:21-23; John 8:24).

Dan bukan karena ketegaran kamu menyatakan bahwa Tuhan Yang Esa, sebab hanyalah kebenaran seluruh Kitab Suci membenarkan dan TUHAN yang telah menyatakan nama-Nya dan seluruh perintah-Nya dan hukum-Nya : Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Ulangan 6:4. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku, Yesaya_45:5.   

Dan hanyalah TUHAN itu esa yang telah menyatakan Kuasa-Nya : Penciptaan. Dan DIA adalah firman adalah Allah (John 1:1-3) adalah Anak Yang Tunggal (John 3:16) yaitu Roh Allah Yang Tunggal, Dialah Roh Kudus Yang Tunggal (Luk_1:35) adalah Bapa di dalam diri YESUS (John 14:10) yang menyatakan nama-Nya adalah TUHAN dengan menyatakan Kuasa-Nya : Penyelamatan dan Penolong (Mat_12:8; Mar_2:28; Luk_6:5; John 13:13; John 16:25;Mat 7:21-23; John 8:24).

Dan Bapa dan Anak dan Roh Kudus bukanlah tiga pribadi, melainkan nama yang berbeda untuk memberikan pengertian  satu pribadi adalah satu Allah (John 16:25-31). Dan satu Allah nama-Nya TUHAN. Demikian satu pribadi adalah satu Allah : “firman adalah Allah (John 1:1) adalah Anak Yang Tunggal (John 3:16) yaitu Roh Allah Yang Tunggal, Dialah Roh Kudus Yang Tunggal (Luk_1:35) adalah Bapa di dalam diri YESUS (John 14:10) yang menyatakan nama-Nya adalah TUHAN (Mat_12:8; Mar_2:28; Luk_6:5; John 13:13; John 16:25;Mat 7:21-23; John 8:24)”.

TUHAN YESUS satu-satunya Bapa kita yang benar, Dialah Bapa kita yang hidup di Sorga memberkati kita semua.
Sumber : Kebenaran Kitab Suci]